Wednesday, August 1, 2018

Diet Kalori Untuk Mengurangi Berat Badan


Kalori diterapkan untuk menghitung banyaknya energi dalam makanan dan minuman. Nah, sekiranya kita ingin menurunkan berat badan, salah satu sistem yang bisa dikerjakan yakni dengan diet kalori. Diet ini yakni pola makan yang mengatur asupan kalori yang dikonsumsi. Tubuh kita membutuhkan kalori untuk dihasilkan energi. Namun, keperluan kalori tiap-tiap orang berbeda-beda. Hal ini bertumpu pada beberapa unsur, seperti usia, ragam kelamin, dan kegiatan fisik yang dijalani sehari-hari.

Tiap-tiap harinya wanita dewasa rata-rata membutuhkan asupan energi sebanyak 2.000 kalori, walaupun pria dewasa 2.500 kalori. Bila dikonsumsi berlebihan, kalori akan disimpan di dalam tubuh sebagai lemak dan membikin berat badan naik. Untuk penurunan berat badan, diet kalori bisa dikerjakan, namun sebaiknya berkonsultasi terpenting dahulu ke dokter gizi.

Sistem Melaksanakan Diet Kalori dan Manfaatnya
Diet kalori dikerjakan dengan mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, yakni hanya 1.000-1.500 untuk wanita dan 1.500-2.000 untuk pria. Mengurangi jumlah kalori sebanyak 500 sudah bisa membikin berat badan turun sekitar 0,5 kg per minggu. Dengan berkurangnya jumlah kalori, tubuh kita akan memecah lemak untuk dihasilkan energi.

Kecuali cakap mengurangi berat badan, diet kalori dengan intensitas ringan juga memberi dampak yang bagus bagi kesehatan, seperti mengurangi risiko terkena diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Diet kalori bisa dikerjakan dengan merubah pola makan menjadi seperti di bawah ini:

Makan lebih banyak protein
Mengonsumsi lebih banyak asupan yang kaya akan protein yakni sistem paling tepat sasaran dan sederhana untuk menurunkan berat badan. Kecuali itu, menambah asupan protein bisa meningkatkan metabolisme dan membantu mengekang nafsu makan kita.

Hindari soft drinks dan jus buah kemasan
Jus buah kemasan dan soft drink lazimnya sudah ditambah gula dalam jumlah yang besar. Penelitian memperlihatkan bahwa kedua ragam minuman tersebut sangat cakap menyebabkan obesitas. Bila ingin mengkonsumsi jus buah, direkomendasikan mengkonsumsi jus buah murni yang tidak diberikan tambahan gula.

Minum air putih yang banyak
Minum dua liter air putih tiap-tiap hari cakap membakar 96 kalori tambahan di dalam tubuh. Bila diminum 30 menit sebelum makan, rasa lapar malah akan berkurang dan jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi jadi sedikit.

Olahraga
Saat kita melaksanakan diet kalori, otomatis asupan kalori dalam tubuh berkurang, dan tubuh akan mengimbanginya dengan membakar lebih sedikit kalori. Defisit kalori juga akan menyebabkan hilangnya massa otot serta mengurangi tingkat metabolisme secara signifikan. Supaya hal tersebut tidak terjadi, direkomendasikan untuk rajin berolahraga, seperti angkat muatan, jalan kaki, berenang, jogging, push up, sit up, atau squat. Sesuaikan intensitas olahraga dengan asupan kalori yang dikonsumsi, supaya tidak merasa kelelahan.

Kurangi asupan karbohidrat
Khususnya yang berasal dari makanan atau minuman manis dan karbohidrat sederhana. Tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, mengatur asupan karbohidrat juga bagus bagi penderita sindrom metabolik dan diabetes ragam 2. Penelitian memperlihatkan, diet kalori dalam waktu 12 bulan dengan mengatur asupan karbohidrat lebih tepat sasaran dalam menurunkan berat badan dan kadar trigliserida dalam darah sekiranya dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Sama seperti diet pada lazimnya, diet kalori juga memiliki efek samping, seperti sakit kepala, pusing, mual, dan sulit buang air besar. Diet rendah kalori yang ekstrim juga berisiko memunculkan gangguan kesehatan, contohnya batu empedu. Kecuali itu, tidak segala orang cocok dengan diet kalori. Oleh maka, direkomendasikan berkonsultasi dahulu terhadap dokter spesialis gizi untuk menetapkan ragam diet yang cocok dengan situasi Anda.

No comments:

Post a Comment

Diet Kalori Untuk Mengurangi Berat Badan

Kalori diterapkan untuk menghitung banyaknya energi dalam makanan dan minuman. Nah, sekiranya kita ingin menurunkan berat badan, salah s...